Tips Menghadapi Ujian SBMPTN

SBMPTNUjian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan dilaksanakan pada selasa (18/6/2013) dan rabu (19/6/2013). Setelah itu dilanjutkan dengan ujian keterampilan SBMPTN yang akan dilaksanakan pada kamis (20/6/2013) dan jumat (21/6/2013). Kedua ujian tersebut akan dilakukan selama empat hari berturut-turut serentak diseluruh Indonesia.

Mungkin sebagian orang pasti akan merasa takut, grogi dan juga was-was ketika mulai berhadapan dengan soal-soal didepan mata. Sebenarnya anda tidak perlu takut saat mengikuti SBMPTN yang terpenting adalah anda telah mempersiapkan diri untuk menghadapinya secara tenang dan matang. Berikut ini gelumbang.com akan berbagi tips untuk mempersiapkan diri anda sebelum menghadapi SBMPTN.

 

Ikuti bimbingan belajar (Bimbel) khusus SBMPTN

Jika ada waktu dan uang lebih sebaiknya dimanfaatkan untuk mengambil kelas pada bimbingan belajar khusus SBMPTN karena biasanya ditempat-tempat bimbingan seperti ini akan diberikan prediksi-prediksi soal apa saja yang biasanya sering keluar dalam ujian SBMPTN serta diberikan tips trik dalam mengerjakannya. Tentu saja bimbingan seperti akan memperbesar peluang anda untuk bisa lolos dalam ujian SBMPTN. Tapi jika tidak memungkinkan maka anda bisa mempelajari kumpulan-kumpulan soal SBMPTN yang banyak dijual ditoko-toko buku. Atau bertanya kepada kakak kelas, teman yang sudah kuliah atau yang berhasil lolos SBMPTN.  Semakin sering anda berlatih mengerjakan soal maka semakin besar juga peluangnya.

 

Ikuti try out SBMPTN

Untuk mengukur sejauh mana persiapan dan kemampuan anda dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN, ada baiknya mencoba untuk mengikuti try out SBMPTN. Try out ini juga akan semakin mengasah kemampuan anda saat menghadapi soal-soal.

 

Survei tempat pelaksanaan ujian SBMPTN

Hal penting yang banyak disepelekan adalah pengecekan lokasi pelaksanaan ujian SBMPTN. Kebanyakan mereka datang pada hari ujian saja tanpa melakukan survey terlebih dahulu. Sebenarnya memang tidak terlalu fatal tapi jika masalah survei tempat ini diabaikan maka berbagai hambatan bisa menanti anda. Dengan melakukan survey sebelumnya maka anda memiliki kesempatan untuk mengukur jarak serta waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat yang ujian agar tidak terlambat datang.

 

Siapkan semua perlengkapan

Siapkan perlengkapan-perlengkapan yang sekiranya dibutuhkan selam ujian SBMPTN misalnya pensil, penghapus, bolpoin, papan penulisan dan kartu peserta. Pastikan semuanya sudah anda siapkan dan simpan didalam tas atau box.

 

Tetap tenang jangan tegang

Saat sudah berada di ruang ujian maka yang harus anda lalukan adalah merilekskan tubuh dan pikiran anda agar tidak terlalu takut dan tegang. Jika anda terlalu takut dan tegang maka kemungkinan untuk melakukan kesalahan atau ketidaktelitian akan bertambah besar.

 

Jangan lupa berdoa

Tentu saja setelah segala hal yang anda usahakan maka akan lebih baik jika diiringi oleh doa yang tak henti. Pasrahkan segalanya kepada Tuhan yang maha esa.

 

 

 

 

 

 

Tips Menghadapi Ujian SBMPTN was last modified: June 18th, 2013 by

Gallery of Tips Menghadapi Ujian SBMPTN