Tips Mudah Ajarkan Disiplin pada Anak

Membesarkan anak memang bukan sesuatu yang mudah. Para orang tua harus menggunakan berbagai macam motede yang paling efektif agar anak bisa belajar disiplin sejak dini. Karena kedisiplinan sangatlah penting, sehingga perlu diajarkan kepada buah hati sejak dini. Dan untuk mengajarkan kedisiplinan, Anda harus tahu tips dan triknya agar anak bisa belajar sebuah  kedisiplinan dengan enjoy. Beberapa tips ini mungkin bisa Anda terapkan untuk buah hati Anda.

discipline

Yang pertama adalah membuat hubungan yang baik dan saling menghormati dan mencintai antara Anda dengan buah hati. Karena dengan menumbuhkan rasa saling cinta akan menumbuhkan rasa saling percaya. Dan ini lah modal awal Anda untuk mengajarkan kedsiplinan kepada anak Anda. Kemudian Anda juga harus belajar untuk merasa empati, Anda harus menghormati perasaan anak Anda dan Anda juga harus mengajarkan anak Anda untuk menghormati dan menghargai perasaan dari orang lain. Caranya? Ajaklah ia berdiskusi dan tanyakan kepada anak Anda kira-kira apa yang akan dirasakan oleh orang lain  ketika anak Anda berbaut seperti ini atau seperti itu. Dengan begitu ia akan mulai berpikir tentang bagaimana ia harus bersikap.

Ajaklah buah hati Anda untuk berbicara hati ke hati. Ketika suatu saat anak Anda berbuat salah atau berpilaku yang tidak baik. Jangan langsung marahi dia. Tapi dekatilah dia, karena sebenarnya ia ingin menyampaikan sesuatu. Tanyakan dengan  penuh perasaan apa yang ingin ia sampaikan. Dengan begitu ia akan mulai berpikir untuk tidak mengulagi perilaku nakal yang sama.

Jangan pernah memaksakan kehendak anak, tetapi juga jangan membiarkan ia memilih semuanya sendirian. Tugas Anda sebagai orang tua adalah memberikan batasan-batasan yang wajar atas pilihan anak Anda. Membiarkan anak Anda untuk memilih sesuatu yang ia sukai, akan membuat dia merasa ada dan dianggap. Dan itu akan membuat anak Anda akan mendengarkan nasehat Anda. Jika ia memilih pilihan yang menurut Anda kurang pas, maka ajaklah dia berdialog dengan perlahan dan agar dia bisa belajar berpikir tentang sebab yang akan ia timbulkan ketika memilih sesuatu.

Yang terakhir adalah, jangan lupa untuk memberikan pujian kepada buah hati Anda, ketika mereka melakukan sebuah kebaikan. Sekecil apapun kebaikan itu. Karena dengan memberikan sebuah pujian, akan membuat ia merasa senang dan kemungkinan besar ia akan melakukan kebaikan itu dengan berulang. Jadi jangan pernah lelah untuk memuji anak Anda, dan nasehatilah denagn bijak ketika anak Anda berbuat salah.

Tips Mudah Ajarkan Disiplin pada Anak was last modified: December 28th, 2016 by

Gallery of Tips Mudah Ajarkan Disiplin pada Anak