Tips Mudik Aman Dengan Sepeda Motor

mudikMudik menggunakan sepeda motor sebenarnya sangat tidak disarankan. Selain kurang aman, tingkat kecelakaan penggendara sepeda motor pada musim mudik lebaran cukup besar. Namun, karena adanya keterbatasan tiket atau kian melambungnya harga tiket kendaraan umum menjadi alasan mengapa seseorang memilih mudik menggunakan sepeda motor.

Dari tahun ketahun jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor tidak kunjung berkurang malah sepertinya semakin banyak saja peminatnya. Mungkin fenomena ini terjadi karena mudik menggunakan sepeda motor dirasa lebih murah dan praktis sehingga banyak orang berduyun-duyun memilih transportasi yang satu ini sebagai kendaraan pengatar mereka ke kampung halaman.

Sayangnya mudik menggunakan kendaraan roda dua ini cukup berisiko terjadi kecelakaan lalu lintas selama di perjalanan. Di lansir dari web Metro Polri, pihak POLRI memberikan beberapa tips kepada para pemudik yang berencana akan menggunakan sepeda motor guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagai berikut:

  1. Jika baru pertama kali mudik menggunakan sepeda motor, disarankan untuk mengendarai sepeda motor tanpa membawa penumpang. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengendara saat mengendalikan motor selama perjalanan. Jika terpaksa membawa penumpang kurangi jumlah barang bawaan untuk mengurangi beban agar laju kendaraan tetap terkontrol.
  2. Jika berencana membawa rombongan, disarankan tidak lebih dari 4 atau lima orang saja, karena jika sudah memasuki puncak arus mudik maka akan sulit mengontrol jumlah anggota jika terlalu banyak jumlahnya.
  3. Menyimpan nomer kontak masing-masing anggota untuk antisipasi jika salah satu anggota ada yang terpisah atau tersesat.
  4. Berikan tanda-tanda tertentu pada sepeda motor anda untuk memudahkan anggota yang ada dibelakang ketika mulai memasuki perjalanan malam hari. Misalnya lampu dengan wana mencolok.
  5. Persiapkan diri anda dengan baik karena akan berkendara dalam jarak jauh. Jika dalam keadaan tidak fit, ngatuk, lelah atau perasaan was-was maka sebaiknya hentikan dahulu perjalanan. Utamakan keselamatan selama di perjalanan.
  6. Cek roda kendaraan, apabila perputarannya terasa berat jangan paksakan berkendara dengan kondisi motor yang tidak stabil.
  7. Perhatikan angina pada ban kendaraan. Sesuaikan angin yang akan diberikan dengan beban kendaraan jangan terlalu keras dan jangan terlalu lembek.
  8. Pastikan rem kendaraan masih berfungsi dengan baik. Begitupun oli kendaraan.
  9. Gunakan helm standar (lebih baik lagi full face) dan jaket yang tidak terlalu ketat.
  10. Siapkan perbekalan selama diperjalanan terutama air minum.
  11. Disarankan untuk istirahat jika sudah berkendara selama kurang lebih dua jam.
  12. Jangan berkendara dalam keadaan mengantuk.
  13. Tertiblah berlalu lintas, ikuti rambu-rambu lalu lintas. Tidak perlu terburu-buru atau saling mendahului.
  14. Hindari mengkonsumsi obat yang menimbulkan rasa kantuk.
Tips Mudik Aman Dengan Sepeda Motor was last modified: July 30th, 2013 by

Gallery of Tips Mudik Aman Dengan Sepeda Motor