Tips Terhindar dari Jerawat

Acne Vulgaris atau biasa dikenal sebagai jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang paling sering dialami oleh remaja. Biasanya jerawat terjadi karena produksi minyak berlebih atau tidak beraturnya proses pengelupasan kulit mati pada wajah. Jerawat sering muncul pada bagian wajah namun tidak jarang juga muncul dibagian lain seperti punggung atau dada atas.

Remaja akan sangat rentan terhadap jenis penyakit yang satu ini karena mereka sedang berada pada masa pubertas yang akan sangat mempengaruhi hormon didalam tubuhnya. Peningkatan hormon pada remaja inilah yang menjadi sumber utama munculnya jerawat-jerawat yang pasti akan sangat mengganggu penampilan seseorang. Munculnya jerawat ini biasanya dimulai pada usia belasan dan normalnya akan berkurang atau berhenti pada usia dua puluhan. Namun hal ini juga masih belum bisa dipastikan karena terkadang bahkan setelah melewati usia dua lima atau tiga puluh jerawat masih terus tumbuh walau kemunculannya tidak sesering pada saat remaja.

Jerawat ini pastinya akan sangat mempengaruhi aktifitas, mengganggu penampilan serta dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Terutama remaja yang sedang senang-senangnya aktif dalam berbagai kegiatan pasti timbulnya jerawat di wajah merupakan hal yang paling menyebalkan.

Selain faktor hormonal, faktor kebersihan kulit wajah juga sangat berpengaruh terhadap proses perkembangan jerawat. Untuk itu kali ini gelumbang.com akan berbagi beberapa tips untuk merawat kulit wajah sehingga dapat meminimalisir kemunculan jerawat.jerawat

 

Rutin membersihkan wajah

Untuk menghindari timbulnya jerawat menjaga kebersihan wajah sangatlah penting. Selesai beraktifitas seharian atau sebelum tidur anda wajib menghapus sisa-sisa make up yang masih menempel pada wajah anda. Jangan sampai anda tertidur dengan wajah yang masih dipenuhi make up karena make up yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori-pori wajah sehingga muncullah jerawat.

 

Cukup gunakan air bersih 

Air bersih merupakan sarana terbaik untuk membersihkan wajah. Air bersih lebih baik digunakan dibanding berbagai produk kecantikan menggandung bahan kimia yang justru memungkinkan timbulnya efek lain. Biasakan untuk selalu membasuh wajah anda menggunakan air bersih setiap memiliki kesempatan untuk mengurangi penumpukan debu diawajah.

 

Jangan biasakan menyentuh wajah menggunakan tangan

Hindari menyentuh wajah menggunakan tangan karena bakteri yang ada ditangan akan berpindah pada wajah dan semakin memicu timbulnya jerawat. anda bisa menggunakan tissue atau benda lain jika memang dalam keadaan terdesak misalnya untuk menghapus keringat.

 

Jangan mencoba-coba berbagai macam produk kecantikan

Biasanya remaja terutama remaja putri selalui ingin tampil cantik disetiap kesempatan namun malas melakukan perawatan kulit secara alami sehingga mereka memilih untuk mencari cara instan yang bisa cepat terlihat efeknya. Ini merupakan hal yang sangat tidak benar, segala sesuatu yang instan pasti akan berdampak buruk diakhirnya. Carilah produk kecantikan yang benar-benar sesuai dengan jenis wajah anda. Jangan tertipu dengan kosmetik yang dijual dipinggir jalan dengan mengunjungi outlet resminya.

 

Menggunakan bahan-bahan alami

Jika jerawat sudah terlanjur muncul cobalah untuk menggunakan bahan-bahan alami terlebih dahulu. Banyak bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengurangi peradangan pada jerawat misalnya jeruk nipis, tomat, ketimun, bawang putih, lidah buaya dll.

 

Periksakan kedokter jika jerawat terlampau parah

Jangan sekali-kali memecahkan jerawat menggunakan tangan karena dikhawatirkan akan meninggalkan luka parut pada wajah. Jika jerawat yang muncul sudah cukup menghawatirkan sebaiknya segera periksakan ke dokter kulit terdekat untuk menghindari bekas luka parut akibat jerawat.

Tips Terhindar dari Jerawat was last modified: May 10th, 2013 by

Gallery of Tips Terhindar dari Jerawat