Tips-Tips Menjadi Anak Kos

anak kostMusim ujian sudah berlalu, kini siswa-siswi yang baru saja menamatkan sekolah menengah atasnya kebanyakan memilih untuk melanjutkan pendidikan ke universitas-universitas pilihannya. Lalu bagaimana jika universitas-universitas yang kalian inginkan ternyata jauh dari kampung halaman? Sudah dipastikan kalian akan mempunyai gelar baru selain mahasiswa yaitu “anak kost”.

Kehidupan sebagai anak kost sudah pasti berbeda dengan mereka yang tinggal bersama orang tuanya. Hidup jauh dari orang tua sudah pasti  mengharuskan seorang anak kost untuk bisa hidup secara mandiri karena sudah tidak ada lagi tempat untuk bergantung. Segalanya harus bisa dilakukan sendiri. Seorang anak kost harus mulai belajar untuk pandai-pandai mengatur keuangannya sendiri, mengatur pola makan, belajar, jam tidur serta menjalin hubungan dengan orang-orang baru jika ingin kehidupan sebagai anak kostnya aman, nyaman dan tentram

Faktanya kehidupan sebagai mahasiswa tidak seindah film-film ditelevisi jadi bagi yang sudah memantapkan hati untuk menjadi anak kost maka ada baiknya membaca tips-tips berikut  :

1.      Lokasi kostan

 Pilihlah lokasi kostan yang tidak terlalu jauh dari kampus untuk mengurangi pengeluaran biaya. Jika kostan dekat dengan kampus maka kalian hanya perlu berjalan kaki tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya kendaraan atau untuk membayar angkutan umum. Berjalan kaki juga akan membuat kalian lebih sehat bukan.

2.      Lingkungan kostan

Pilihlah lingkungan kostan yang nyaman menurut kalian. Jika memang menyukai ketenangan pilihlah kosan yang jumlah kamarnya tidak terlalu banyak. Karena semakin banyak kamar maka semakin banyak pula penghuninya. Kostan dengan jumlah penghuni yang padat otomatis lebih bising dibandingkan kostan dengan jumlah kamar terbatas. Lebih baik jika memilih kostan yang didampingi oleh pemilik kost. Selain lebih aman, pemilik kost juga bisa dianggap sebagai orangtua pengganti selama berada di tanah rantau. Untuk itu jalinlah hubungan baik dengan ibu dan bapak kost.

3.      Teman-teman Kost

Selama hidup di tanah rantau teman merupakan factor terpenting agar kehidupan sebagai anak kostan tidak membosankan. Maka jalinlah hubungan baik dengan seluruh penghuni kost. Tentu tidak menyenangkan bukan tinggal satu kostan dengan orang yang tidak menyukai kalian maka dari itu bersikap ramah serta saling tolong menolong akan memuat kalian semakin nyaman berada disana. Jika suatu saat kalian membutuhkan bantuan mereka juga pasti tidak akan segan untuk membantu.

4.      Buatlah perencanaan keuangan selama sebulan

Masalah keuangan merupakan masalah yang paling crucial bagi anak kostan. Maka dari itu kalian harus memprioritaskan sesuatu yang sangat penting terlebih dahulu. Sebagai contoh sebelum belanja barang keperluan ke supermarket sebaiknya buatlah daftar nama barang yang dibutuhkan. Biasanya jika tidak membuat daftar maka banyak barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan tapi tetap dibeli hanya karena dorongan napsu. Buatlah perencanaan keuangan selama sebulan agar kalian tidak merasakan kebahagian hanya diawal bulan dan merasa merana diakhir bulan. Anak kost memang harus pintar-pintar dalam mengatur uang tapi bukan berarti harus makan mie instan setiap hari. Asalkan pintar mengatur keuangan dan tidak boros maka setidaknya kalian tidak akan kelaparan diakhir bulan.

 

 

 

Tips-Tips Menjadi Anak Kos was last modified: June 6th, 2013 by

Gallery of Tips-Tips Menjadi Anak Kos