Ujian Nasional SD Resmi Dihapus

Ujian Nasional SD Resmi Dihapus

Ujian Nasional SD Resmi Dihapus – gelumbang.com. Penerapan Kurikulum 2013 yang akan dimulai pada tahun ajaran 2013/2014 pada bulan Juli mendatang ternyata juga turut berpengaruh pada Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar. Entah karena aturan pada Kurikulum 2013 atau karena menjadi sorotan berbagai pihak selama ini, yang jelas, mulai dari tahun ajaran 2013/2014 nanti siswa sekolah dasar tidak akan lagi terbebani dengan kewajiban ujian nasional.

Kebijakan ini tidak main – main dan nampaknya sudah pasti karena kebijakan penghapusan Ujian Nasional di tingkat SD ini sudah diperkuat dengan terbitnya PP No 32 th 2013 yaitu tentang Perubahan terhadap PP No 19 th 2005 mengenai Standar Nasional Pendidikan yang sudah ditandatangai oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada pekan lalu.

Walaupun UN SD dihapus, Ibrahim Bafadal, Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kemendikbud memastikan bahwa sekolah tetap akan melakukan evaluasi tahap akhir. Evaluasi tahap akhir ini kemungkinan akan dipegang langsung oleh pemerintah daerah.

Ibrahim mengatakan bahwa penghapusan Ujian Nasional di tingkat SD ini semata – mata atas pertimbangan kurikulum 2013 dan program wajib belajar sembilan tahun. Beberapa masukan dari masyarakat juga menginginkan supaya Ujian Nasional SD dihilangkan sebagai bagian dari usaha untuk menyukseskan gerakan wajib belajar 9 tahun yaitu di jenjang SD dan SMP.

Lebih Lanjut, Ibrahim mengatakan bahwa pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan SMP seharusnya dijadikan satu paket atau satu atap sebagai bagian program wajib belajar 9 tahun.

Namun, hingga saat ini, Ibrahim juga belum bisa memastikan tentang bagaimana format evaluasi akhir di tingkat sekolah dasar. Namun, yang pasti, adanya penghapusan ujian nasional di SD ini tidak akan menghilangkan sistem evaluasi di jejang pendidikan dasar. Hal ini disebabkan karena pada setiap jenjang pendidikan memang harus memiliki sistem evaluasi hasil belajar peserta didiknya untuk mengetahui sejauh mana perkembangan mereka.

Sedangkan untuk SMP dan SMA, Kemendikbud sejauh ini memastikan bahwa pihaknya belum mengubah kebijakan ujian nasional di tingkat SMP dan SMA sehingga tahun depan masih tetap ada ujian nasional untuk SMP dan SMA.

Ujian Nasional SD Resmi Dihapus was last modified: May 18th, 2013 by

Gallery of Ujian Nasional SD Resmi Dihapus