Universitas Diponegoro (Undip) Siapkan 1.250 Kursi Untuk Bidik Misi

Universitas Diponegoro (Undip) Siapkan 1.250 Kursi Untuk Bidik Misi

Universitas Diponegoro (Undip) akan memberikan bantuan pada 1.250 mahasiswa tidak mampu. Bantuan pendidikan ini berupa pembebasan biaya selama menjalani studi di Undip. Sebenarnya, bantuan tersebut berasal dari program Bidikmisi (Bantuan Pendidikan Miskin Berprestasi) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Seluruh biaya kuliah para peserta penerima beasuswa tersebut akan dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah.

Drs. Warsito, SU selaku Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Diponegoro mengatakan bahwa selain dibiayai secara penuh pendidikannya, para mahasiswa tersebut juga akan mendapat uang saku selama masa kuliah atau delapan semester. Uang saku yang diterima besarannya adalah Rp 600.000,- per bulan.

“ Para peserta penerima beasiswa bidikmisi tidak hanya akan dibebaskan dari biaya kuliah, tetapi juga akan mendapat uang saku tiap bulannya sebesar Rp 600 ribu selama 8 semester,” ucap Warsito.

Warsito juga mengatakan bahwa mahasiswa yang menerima program jalur bidikmisi untuk tahun ini jumlahnya berkurang jika dibandingkan dengan tahun – tahun sebelumnya

“Dari tahun 2010 sampai tahun 2012, Undip menerima mahasiswa dari program bidikmisi sebanyak 1.525 mahasiswa. Pada tahun 2013 ini, Undip mengajukan sebanyak 1.250 mahasiswa agar mendapat beasiswa bidik misi,” ucapnya.

Selanjutnya Warsito juga menegaskan bahwa beasiswa bidikmisi tersebut hanya diperuntukkan pada para calon mahasiswa baru yang memenuhi kriteria yakni berprestasi tetapi memiliki keterbatasan secara finansial. Hal ini dilakukan untuk menghindari supaya bantuan ini tidak salah sasaran. Dari pihak Universitas Diponegoro juga melakukan survei lapangan dan verifikasi data pada para calon mahasiswa yang akan menerima beasiswa bidik misi tersebut.

“Kita menggunakan beberapa indikator untuk menentukan layak atau tidaknya mahasiswa penerima bidikmisi tersebut, diantaranya adalah penghasilan orang tua, kondisi rumah, rekening pembayaran listrik, dan rekening air. Dengan cara tersebut, diharapkan penyaluran beasiswa ini akan tepat sasaran dan bisa lebih dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.

Uintuk masuk ke Undip, para calon mahasiswa baru bisa melalui tiga jalur yaitu melalui SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, dan jalur UM  (Ujian Mandiri). Kuota untuk SNMPTN adalah 50 5 dari seluruh daya tampung, sedangkan untuk SBMPTN sebesar 30 persen dan UM sebanyak 20 %.

Universitas Diponegoro (Undip) Siapkan 1.250 Kursi Untuk Bidik Misi was last modified: May 26th, 2013 by

Gallery of Universitas Diponegoro (Undip) Siapkan 1.250 Kursi Untuk Bidik Misi