Wanita Lebih Mudah Menyalahkan Pasangan

Wanita Lebih Mudah Menyalahkan Pasangan

Dalam suatu hubungan memang tidak selalu dalam kondisi yang rukun dan tenteram. Perbedaan pendapat seringkali memang menjadi penyebab suatu pertengkaran. Bahkan, pertengkaran yang tidak menemukan titik temu tidak jarang yang berakhir begitu saja. Saat hubungan percintaan ini kandas, lalu siapa yang seharusnya bertanggung jawab atas semua ini?

Berdasarkan hasil sebuah penelitian terbaru yang dilakukan University of Texas, wanita ternyata lebih sering menyalahkan pasangannya atas kegagalan atau pertengkaran yang terjadi dalam hubungan. Penelitian tersebut dilakukan dengan melakukan survei pada 71 pasangan muda yang masih berpacaran di Texas, Amerika. Dalam penelitian tersebut, semua responden sudah menjalin hubungan asnara selama tiga tahun.

Para responden dalam penelitian tersebut diminta untuk saling berkomunikasi dengan pasangannya yang ada di ruangan terpisah melalui chatting. Pasangan – pasangan tersebut diharuskan untuk membicarakan tentang berbagai konflik yang mereka hadapi.

Topik konflik yang dibahas saat itu diantaranya adalah uang yang dihabiskan bersama – sama, hubungan kencan terakhir, frekuensi waktu yang dihabiskan untuk bersama – sama, dan juga kerabat atau teman yang tidak setuju dengan hubungan mereka.

Peneliti memberikan waktu selama 10 menit bagi mereka untuk membahas topik tersebut dan mencari solusinsya. Mereka kemudian diharuskan untuk menyatakan isi hati mereka pada peneliti. Sebelum penelitian dilakukan, mereka juga diminta untuk mengisi kuisioner tentang kepuasan hubungan asmara mereka.

Dari hal itulah nampak bahwa wanita merupakan sosok yang sering melemparkan kesalahan pada pasangan saat menghadapi konflik dan permasalahan terbesar adalah mengenai hubungan masa lalu pasangannya dan tentang uang. Menurut Dr Anita Vangesti, pemimpin penelitian tersebut, ia menyatakan bahwa hal ini mungkin terjad karena ada perbedaan kognitif antara perempuan dan laki – laki ketika beradu argumen.

Sikap menyalahkan pasangan dapat menjadi indikasi apakah seorang wanita merasa bahagia dengan hubungannya atau tidak. Ia menambahkan bahwa ketidakpuasan hubungan dan pikira dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Biasanya manusia menyuarakan pikiran mereka pada pasangan melalui komunikasi non verbal. Saat seseorang tidak merasa bahagia dengan hubungannya, mereka cenderung akan bereaksi melalui berbagai macam cara.

Wanita Lebih Mudah Menyalahkan Pasangan was last modified: June 2nd, 2013 by

Gallery of Wanita Lebih Mudah Menyalahkan Pasangan