Waspadai Berbagai Modus Kejahatan Menjelang Lebaran

kejahatanBiasanya menjelang lebaran berbagai modus kejahatan semakin marak saja. Untuk itu masyarakat perlu mengetahui modus-modus tersebut agar bisa terhindar dari kejahatan. Salah satu modus yang paling sering ditemui adalah modus ‘menggeser tas’.

Menurut Kombes Pol Rikwanto, sebagai Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya , menjelaskan bahwa munculnya modus ‘menggeser tas’ merupakan dampak dari peningkatan aktivitas jual-beli dan juga transaksi keuangan di masyarakat menjelang lebaran.

“Sehingga kita imbau masyarakat, khususnya yang mau berbelanja untuk keperluan lebaran untuk berhati-hati. Jangan sampai barang-barangnya ditaruh di tempat yang kurang aman sehingga dimanfaatkan pelaku geser tas atau koper ini,” kata Rikwanto kepada wartawan di Jakarta, Senin (22/7/2013).

Modus pelaku geser tas ini biasanya terjadi di ruang publik seperti pusat-pusat perbelanjaan, stasiun, terminal bahkan bandara. Dilokasi-lokasi umum seperti ini biasanya orang-orang tidak terlalu memperhatikn barang-barang yang dibawanya sehingga para pelaku menggunakan kesempatan ini dengan cara menggeser barang-barang tersebut dengan perlahan-lahan.

Ternyata selain modus ‘menggeser tas’, modus-modus kejahatan lama seperti, pencopetan, penjambretan, pembiusan hingga perampokan nasabah juga bertambah meningkat menjelang lebaran.

Biasanya penjambretan dilakukan di tempat-tempat perbelajaan atau di pasar-pasar. Lengah sedikit saja, pelaku akan dengan cepat menarik barang korban dan segera menghilang.

Sedangkan modus pembiusan biasanya pengincar para pemudik yang sendirian atau terlihat kebingungan ketika tiba di stasiun, terminal atau bandara. Pelaku berpura-pura mengajak ngobrol kemudian menawarkan makanan atau minuman yang sebelumnya sudah diberikan obat bius. Setelah korban terkena modus pelaku maka dengan segera pelaku akan menguras habis barang berharga milik korban.
 

Waspadai Berbagai Modus Kejahatan Menjelang Lebaran was last modified: July 22nd, 2013 by

Gallery of Waspadai Berbagai Modus Kejahatan Menjelang Lebaran