Waspadai Kanker Payudara Dengan Deteksi Dini

kanker payudaraKarsinoma payudara atau biasa disebut kanker payudara adalah tumor ganas yang tumbuh pada jaringan sel payudara. Ketika sel tumbuh secara abnormal dan tidak terkontrol sehingga menciptakan jaringan baru yang biasa disebut tumor. Tumor dibedakan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan ganas. Sel tumor jinak tidak menyebar ke jaringan tubuh lain dan dapat disembuhkan dengan pengangkatan pada bagian tumornya saja sedangkan tumor ganas dapat menyebar kebagian tubuh lain dan inilah yang pada akhirnya disebut sebagai sel kanker.

Jenis kanker ini bisa menyerang wanita maupun pria, walaupun jumlah pria yang terserang penyakit ini kasusnya sangat jarang bahkan terbilang langka. Sampai saat ini kanker payudara masih menduduki peringkat kedua sebagai penyakit pembunuh perempuan paling ditakuti setelah kanker servik atau kanker mulut rahim.

Oleh sebab itu untuk menghindari penyakit yang satu ini maka anda harus melakukan deteksi kanker payudara sejak dini karena semakin cepat penyakit ini mendapat penanganan maka semakin besar pula kemungkinan untuk kesembuhan pasien.

Pada awalnya mungkin kanker payudara tidak menimbulkan tanda atau gejala apapun sehingga pasien biasanya tidak menyadari adanya perubahan pada payudaranya. Berikut ini adalah gejala-gejala kanker payudara yang harus diwaspadai jika terdapat gejala-gejalanya pada anda:

  1. Adanya benjolan kecil pada payudara yang dapat diraba.
  2. Perubahan bentuk dan ukuran payudara.
  3. Adanya luka di sekitar puting susu dan sekitarnya yang sukar sembuh.
  4. Adanya cairan selain susu (darah atau nanah-berwarna kuning sampai kehijauan) yang keluar dari puting susu.
  5. Perubahan pada puting susu seperti gatal, terasa terbakar, dan tertarik ke dalam (retraksi).
  6. Adanya kerutan-kerutan seperti kulit jeruk pada kulit payudara.
  7. Pada stadium lanjut bisa timbul nyeri tulang, penurunan berat badan, pembengkakan lengan atau ulserasi kulit.

Jika anda merasakan sebagian dari gejala-gejala yang telah disebutkan diatas maka segeralah memeriksakan diri anda ke rumah sakit terdekat untuk mengetahui apakah anda benar menderita kanker payudara atau tidak karena semakin lama sel kanker dibiarkan tumbuh didalam tubuh maka bisa saja sel tersebut semakin menjalar kebagian tubuh yang lain.

 

Waspadai Kanker Payudara Dengan Deteksi Dini was last modified: June 20th, 2013 by

Gallery of Waspadai Kanker Payudara Dengan Deteksi Dini