Waspadai Penipuan Lowongan Pekerjaan

lowongan pekerjaanTuntutan hidup yang semakin meningkat menuntut seseorang untuk bisa mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang tinggi berharap dapat memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-harinya. Mereka yang mencari pekerjaan jumlahnya lebih banyak dari lapangan pekerjaan yang disediakan sehingga angka pengangguran di Indonesia makin sulit ditekan.

Semakin tingginya tingkat pengangguran di Indonesia ternyata justru dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan dengan melakukan berbagai penipuan. Penipuan yang sedang sangat “trand” adalah penipuan berkedok lowongan kerja.

Oknum-oknum tersebut memanfaatkan kesempatan ini untuk menjerat orang-orang yang sedang tidak memiliki pekerjaan atau sedang menganggur, karena mereka lebih mudah untuk dihasud atau dipengaruhi. Siapa yang tidak tertarik jika secara tiba-tiba mendapatkan info lowongan pekerjaan disebuah perusahaan bonafit dengan gaji tinggi tanpa persyaratan yang sulit. Ketika seseorang sedang sibuk mencari pekerjaan terkadang membuat dirinya lupa untuk berwaspada dan berhati-hati saat mencari pekerjaan. Sehingga ketidakwaspadaan dan ketidakhati-hatiannya tersebut akan membuat seseorang menjadi lemah dan dengan mudah terjebak dalam kasus penipuan.

Zaman teknologi yang sudah sangat canggih seperti ini ternyata tidak disia-siakan oleh oknum-oknum tersebut untuk mempermudah jaringannya dalam melancarkan aksi-aksinya. Mereka dengan mudah menyebarkan info lowongan pekerja palsu secara serempak melalui sms, facebook, twitter ataupun akun-akun sosial lainnya. Tidak sedikit orang yang berhasil tertipu dengan modus yang satu ini. Bahkan ada yang sudah mengeluarkan uang berjuta-juta namun tetap tidak mendapatkan pekerjaan.

Untuk itu diperlukan kewaspadaan ekstra saat mendapatkan info-info pekerjaan agar tidak sampai menjadi korban selanjutnya. Kali ini gelumbang.com akan berbagi beberapa ciri-ciri iklan lowongan pekerjaan palsu, diantaranya sebagai berikut:

  • Perhatikan alamat email yang digunakan, perusahaan bonafit tidak akan menggunakan alamat e-mail atau web gratisan misalnya ymail, gmail, blogspot atau wordpress. Jadi jika menemukan info lowongan pekerjaan yang mencantumkan alamat e-mail gratisan sebaiknya anda berhati-hati.
  • Untuk meraih masa yang lebih banyak para penipu lowongan pekerjaan ini akan mencantumkan persyaratan yang sangat mudah sehingga semakin banyak orang-orang yang akan tertarik misalnya syarat umur 18-40 tahun atau syarat pendidikan minimal SMA-S1 dll.
  • Tidak disertai alamat perusahaan dan nomer telepon kantor yang jelas.
  • Jenis pekerjaan yang ditawarkan sangatlah ringan seperti Administrasi dll.
  • Informasi gaji, tunjangan serta komisi yang tinggi sehingga semakin membuat orang-orang tertarik

Untuk itu jika mendapatkan info lowongan pekerjaan sebaiknya dilakukan pengecekan dengan pasti  terlebih dahulu supaya tidak merugikan anda. Jika dirasa menemukan kejanggalan-kejanggalan dalam infonya sebaiknya berhati-hati.

 

Waspadai Penipuan Lowongan Pekerjaan was last modified: June 24th, 2013 by

Gallery of Waspadai Penipuan Lowongan Pekerjaan