Waspadai Supir Taxi licik Ketika Hendak Bepergian Ditempat Baru

taxiJika anda sedang melakukan sebuah perjalanan untuk mendatangi suatu darerah yang belum pernah anda kunjungi kemungkinan besar anda akan memilih kendaraan umum yang satu ini. Yup Taxi. Taxi merupakan kendaraan yang dianggap paling praktis untuk mengantar kita berkeliling suatu tempat tanpa perlu berganti-ganti kendaraan lain. Anda hanya perlu bilang kepada supir Taxi untuk mengantarkan anda kelokasi yang anda inginkan kemudian anda hanya perlu duduk santai di dalam taxi sampai tiba di lokasi tujuan.

Namun anda harus lebih waspada karena biasanya orang-orang baru merupakan objek sasaran para supir Taxi licik untuk melancarkan aksinya. Diintip dari Traveler Tips, Jumat (31/5/2013) inilah 7 penipuan yang biasa terjadi di taksi:

 

1.      Turis diantar melalui jalur yang memutar

Pada umumnya taksi akan meminta bayaran sesuai dengan jarak yang telah dilaluinya. Nah hal ini dimanfaatkan para supir supir tidak bertanggung jawab untuk mendaptkan keuntungan lebih dari para penumpang. Misalnya dengan cara menggunakan jalur yang memutar. Hal ini tentu saja ditujukan untuk memperpanjang jarak sehingga otomatis supir taksi tersebut akan mendapatkan bayaran yang lebih besar dari harga normal.

Hal ini bisa sampai terjadi karena ketidak tahuan penumpang terhadap jalur yang akan dilalui sehingga percaya saja kepa supir. Namun kelicikan ini bisa ditanggulangi dengan membawa peta atau GPS sehingga jika supir-supir tersebut memulai kekkcurangannya dapat segera kita tegur.

 

 2.       Tidak ada uang kembalian

Tidak ada uang kembalian merupakan salah satu metode lain yang paling sering digunakan oleh para supir-supir licik ini. Dengan alasan tidak memiliki kembalian maka biasanya penumpang akan membiarkan sang supir membawa saja uang kembaliannya. Hal seperti ini bisa dicegah dengan selalu menyiapkan uang pecahan secukupnya agar terhindar dari trik-trik licik supir Taxi.

 

3.      Mengatakan hotel tujuan Anda tutup

Trik selanjutnya adalah dengan mengatakan bahwa hotel yang menjadi tujuan anda sedang tutup. Jika penumpang terlalu polos maka biasanya akan menuruti sang supir Taxi untuk mengantarkannya ke hotel terdekat. Nah disinilah letak kelicikannya, biasanya supir Taxi telah melakukan kerja sama dengan beberapa hotel di lokasi tersebut dan akan mendapatkan keuntungan jika berhasil membawa seorang tamu ke hotel tersebut. Untuk menghindari hal ini bisa dilakukan dengan jangan mudah mempercayai ucapan para supir-supir tersebut. Mintalah si supir untuk tetap mengantarkan anda ke hotel tujuan untuk memastikan apakah hotel tersebut memang benar-benar tutup atau tidak.

 

4.      Terlalu ramah

Peran ramah biasanya digunakan para supir Taxi untuk menginterogasi penumpang secara tidak langsung untuk mengetahui apakah si penumpang mengetahui seluk beluk tentang kota yang di tuju atau tidak. Jika tidak maka supir tersebut bisa dengan santai melancarkan aksinya tanpa perlu takut terbongkar.

 

5.      Supir taksi palsu

Trik ini merupakan trik yang paling berbahaya karena bisa jadi si supir palsu ini merupakan kawanan penjahat yang sedang menyamar menjadi supir Taxi. Anda harus sangat waspada kepada Taxi-Taxi yang terlihat agak aneh dan mencurigakan.

 

6.      Tidak mau menggunakan argometer

Terkadang supir taxi menawarkan untuk tidak menggunakan argometer dan melakukan penawaran harga kepada penumpang. Terkadang harga yang ditawarkan lebih tinggi dibanding jika menggunakan argometer. Maka penumpang harus hati-hati terhadap trik ini. Mintalah untuk tetap menggunakan argometer agar anda tidak merasa dirugikan.

 

7.      Bawa kabur koper

Yang terakhir andalah trik dengan membawa koper penumpang kabur. Hal yang harus menjadi perhatian penumpang adalah jangan memberikan uang sebelum seluruh barang dikeluarkan dari dalam bagasi.

Waspadai Supir Taxi licik Ketika Hendak Bepergian Ditempat Baru was last modified: June 1st, 2013 by

Gallery of Waspadai Supir Taxi licik Ketika Hendak Bepergian Ditempat Baru