winner gelumbang
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Pendidikan » Yogyakarta Buka Kembali Pendaftaran Siswa Baru Cerdas Istimewa Periode 2013/2014

Yogyakarta Buka Kembali Pendaftaran Siswa Baru Cerdas Istimewa Periode 2013/2014

(8641 Views) June 4, 2013 11:12 pm | Published by | No comment

ci

Untuk tahun ajaran 2013/2014 yang akan dimulai pada bulan Juli mendatang, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta kembali menyediakan pendaftaran siswa baru (PSB) kelas cerdas istimewa untuk tingkat Sekolah Dasar (SD)

“Pada tahun pelajaran kemarin, kami membuka pendaftran siswa baru kelas cerdas istimewa untuk yang pertama kalinya dan hasilnya cukup memuaskan. Oleh sebab itu, pada tahun ini, kami kembali membuka kelas baru untuk tingkat SD,” ucap Edy Heri Suasana, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta pada hari Minggu (2/6)

Menurut Edy, tujuan dari dibuka kembalinya kelas cerdas istimewa untuk tingkat SD adalah untuk menampung anak – anak yang memiliki intelegensi tinggi sehingga metode pengajaran yang diberikan pun berbeda dengan kelas biasa atau reguler.

Pada tahun ajaran 2013/2014, jumlah SD yang akan membuka PSB untuk kelas cerdas istimewa juga akan ditambah dari satu sekolah menjadi empat sekolah. Sekolah – sekolah tersebut adalah SD N Ungaran 1, SD N Giwangan, SD N Pujokusuman, dan SD N Tegalrejo 3. Pada tahun ajaran sebelumnya, kelas cerdas istimewa hanya ditempatkan di SD N Ungaran 1.

Selain menambah jumlah SD, Dinas Pendidikan juga meningkatkan persyaratan untuk calon peserta didik yang akan mendaftar yakni tingkat kecerdasan intelegensi (IQ) yang mula-mula 125 dinaikkan menjadi 130.

Selain mempertimbangkan tingkat kecerdasan, calon peserta didik yang akan masuk ke dalam kelas ceras istimewa juga harus mempunyai kreativitas dan bakat yang tinggi. Untuk proses penerimaan siswa baru tersebut, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta meminta bantuan pada Fakultas Psikologi UGM.

Selain membuka kelas cerdas istimewa untuk sekolah dasar, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta juga berencana untuk membuka PSB untuk kelas khusus olahraga yang nantinya akan diselenggarakan di SMP N 13 dan SMA N 4.

PSB untuk kelas khusus olahraga akan dilakukan pada tanggal 7 sampai 11 Juni mendatang di SMP N 13 dan pengumumannya pada tanggal 22 Juni. Sementara itu, untuk pendaftaran di SMA N 4 Yogyakarta akan dilakukan pada tanggal 3 sampai 5 Juni dan pengumunannya akan dilakukan pada tanggal 17 Juni. Jumlah siswa yang akan diterima baik untuk SMP dan SMA hanya satu kelas yang terdiri dari 34 anak. Untuk masuk ke kelas khusus ini, siswa tersebut harus mempunyai prestasi olahraga minimal di tingkat kabupaten dari berbagai cabang olahraga.


Kata kunci mesin pencari:

psb online yogyakarta (18), psb online yogyakarta 2013 (16), nem smp yogyakarta 2013 (15), pendaftaran smp negeri yogyakarta 2013 (12), psb online kota yogyakarta 2013 (11), nem masuk smp negeri yogyakarta 2014 (4), smpn 1 ungaran photos (2), pendaftaran SD khusus wilayah jogja tegalrejo 3 (1), cara daftar sekolah cerdas yogyakarta (1), sekolah cerdas istimewa d yogyakarta (1), 

No comment for Yogyakarta Buka Kembali Pendaftaran Siswa Baru Cerdas Istimewa Periode 2013/2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>